Selasa, 21 Mei 2013

Proposal Perencanaan Bisnis Roti Al Umm Beck



"Insya Allah"
BISNIS PLAN
AL UMM bekery and cake
LATAR BELAKANG
Masyarakat saat ini sudah mulai berhati-hati dalam memilih dan membeli makanan. Zaman dahulu orang dalam membeli makanan hanya berpedoman pada rasanya yang enak dan murah, terutama bagi kalangan masyarakat menengah kebawah, hal inilah yang menjadi prioritas utama bagi masyarakat dalam membeli makanan. Mereka tidak begitu memikirkan kandungan gizi dan nutrisi yang terkandung didalam makanan yang akan mereka beli.
 Saat ini roti banyak menjadi pilihan manusia untuk makanan ringan, dimana dari segi rasa menawarkan cukup banyak rasa yang ditawarkan, dari segi gizi juga memenuhi kebutuhan gizi manusia, dari segi harga dapat mudah dijangkau semua kalangan masyarakat.
Setiap keluarga menginginkan anggota keluarganya sehat dan sejahtera, karena manusiayang sehat dapat berproduktifitas yanng tinggi dalam menunjang kahidupannya dan sekaligus berperan serta dalam pembangunan. Untuk mendapatkan kehidupan yang demikian manusiamembutuhkan makanan yang bergizi baik.

Roti adalah salah satu makanan yang digemari banyak orang dan sering digunakan sebagai pengganjal perut saat pagi alias sarapan. Roti bukan sekadar makanan yang mudah didapat, tapi juga punya segudang gizi bermanfaat.
Peranan roti kelak, bisa tidak lagi sebatas menu untuk sarapan, tetapi juga untuk makan siang dan makan malam. Oleh karena itu, kandungan gizi roti perlu diperhatikan karena dapat memberikan sumbangan gizi yang berarti.Secara umum roti dibedakan atas roti tawar dan roti manis. Roti tawar dapat dibedakanlagi atas roti putih (white bread) dan roti gandum (whole wheat bread). Sedangkan roti manis sendiri dibedakan atas dasar bahan pengisinya, seperti roti isi pisang, nenas, kelapa, daging sapi, daging ayam, sosis, coklat, keju, dan lain-lain.
Objek usaha yang akan di jalankan adalah usaha di bidang makanan, dikarenakan makanan adalah hal yang paling pokok dalam kehidupan manusia, tanpa ada makanan hidup pun tidak akan bisa ada, makanan merupakan sumber energy yang paling pertama dari kehidupan manusia, merupakan kebutuhan primer, yaitu pangan/ kebutuhan makanan. Setiap orang pasti membutuhkan makanan apalagi jika makanan itu di sajikan dengan lebih indah maka manusia pasti akan lebih tertarik mengkonsumsinya. karena memang itu sudah menjadi sifat dari manusia, oleh karena itu makanan yang di sajikan dengan indah pasti membuat masyarakat sangat menginginkannya, karna sesuatau yang indah pasti akan di bentuk dengan teratur. makanan dengan tatanan yang beranekaragam warna, dengan kata lain sesuatu yang sudah teratur pasti akan terlihat indah demikian dengan usaha ini di atur sedemikian indah dan bervariasi agar masyarakat menjadi sangat tertarik.
Bisnis roti dan kue-kue merupakan salah satu bisnis yang boleh dikatakan sebagai bisnis yang mudah maksudnya dapat dilakukan oleh siapa pun, mudah untuk menjual nya ,modal yang dikeluarkan juga tidak terlalu besar , dan bahan – bahan untuk membuat roti bakarnya pun mudah di dapatkan. Dalam menjalankan bisnis roti bakar ini kita dapat melakunya sendiri tanpa harus mengrekrut karyawan.

Gambaran umum usaha.
Sejarah
Gambar1











Pada awalanya usaha roti ini adalah usaha keluarga yang dirintis sejak tahun 2004 usaha ini dilakukan oleh seorang ibu bernama Ruhmin beserta dengan keluarganya diantaranya ialah Hamzah. Karna memiliki keterampilan yang cukup dalam membuat roti maka muncullah inisiatif dari keluarga untuk melakukan penjualan roti dengan cara menitip di setiap warung.
Bermula dari menitip barang ke warung-warung, karena banyaknya peminat jumlah orang yang senang dengan roti yang di buatnya. Maka kita memulai dengan menyebarkan ketempat-tempat yang baru.
Dengan adanya kesempatan mengikuti kegiatan kewirausahawan ini. Saya hamzah mencoba untuk memasukan proposal ini dengan tujuan untuk mengembangkan usaha yang dimiliki keluarga saya.
 
Didalam menjalankan usahanya mereka selalu menerapkan system waktu kerja dulu yaitu Tekun, Disiplin, terpercaya dan yang paling utama adalah menjaga kualitas produksinya untuk menjaga pasaran.

Tujuan dari bisnis ini dalam perkembanganya kedepan yakni memberikan pelayang yang sebaik mungkin, menciptakan produk-produk kebutuhan masyarakat sekitar maupun di luar dari itu tujuan dari semua itu agar Mendapatkan pelanggan baru yang lebih banyak.

VISI DAN MISI
VISI
Membangun Kepuasan Serta Nilai, Pelanggan dan Upaya mempertahankan Pelanggan.
MISI
1.   Menciptakan produk yang berkualitas
2.   Bahan-bahan yang berkualitas.
3.   Menciptakan berbagai rasa dan model.
4.   Melakukan perluasan Pangsa Pasar.
5.   Menciptakan Keramahan terhadap pelanggan.
6.   Palanggan adalah raja.

Rencana pemasaran.
Pemasaran yang sebaik mungkin yang harus di terapkan delam hal ini penjualan roti dan kue yaitu kepada kantor-kantor setempat dan memasukkan ketoko-toko yang berda di daerah tersebut, dalam pemasaran ini juga akan di terapkan pemesan dan lebih baiknya lagi demi meciptakan pangsa pasar yang lebih banyak kedepanya kami akan memasukkanya ke Swalayan, Hotel-Hotel, Restoran, dan melakukan kerjasama bersama dengan perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan bahan makanan.
Analisis Persaingan
Potensi yang sangat baik di dalam pasar jika usaha ini berjalan dengan baik, dengan variasi rasa dan bentuk yang beragam sehingga bukan hanya orang – orang yang belum mengetahui sedikitpun makanan ini akan mencoba mengkonsumsinya, dengan variasi rasanya dan model yang beragam atau baru – baru kita akan kombinasikan dengan kombinasi baru yang tidak hanya rasa coklat dan susu tetapi dengan kombinasi yang sangat baru dan menarik, maka akan lebih unggul di pasaran di bandingkan produk sejenis yang hanya roti tawar dan pastel, sehingga dengan kami menawarkan produk yang baru dengan kombinasi rasa yang sangat beragam, maka masyarakat pasti akan sangat lebih tertarik untuk mencoba rasa yang baru, dengan kata lain sesuatu yang baru dengan rasa yang baru dan kombinasi warna yang baru.
Media promosi yang akan di gunakan adalah seperti biasa melalui brosur atau spanduk dengan tampilan yang di tampilkan semenarik mungkin sehingga masyarakat yang melihat akan sangat tertarik untuk datang, dengan langkah awal yang baik yaitu dengan harga awal yang tidak terlalu mahal dan ekonomis. Sehingga dengan promosi ini pasti masyarakat akan sangat tertarik.
Target dalam satu tahun adalah agar usaha bisa berjalan sebaik mungkin, berusaha untuk seprofesional mungkin, sehingga konusmen akan tetap terkesan dengan layanan yang di berikan. Sehingga dalam satu tahun bisa mendapatkan banyak penjualan dengan keuntungan yang besar dan dapat membuka lokasi baru yang lebih besar sehingga dapat membuka lapangan kerja baru untuk masyarakat di kediri.
 Rencana produksi.
4. Analisis Produksi / Operasi
Berikut ini adalah bagaimana barang di hasilkan sehingga bisa menjadi barang jadi dan siap di produksi dan semua kebutuhan – kebutuhan untuk produksi baik bahan baku, peralatan, maupun perlengkapan:
A. Kebutuhan Modal Awal 2 Gerobak / Biaya Tetap
  • Tempat untuk jualan / Gerobak : Rp.2.000.000
  • Tempat untuk bakar roti (Wajan) : Rp. 300.000
  • Kompor : Rp. 200.000
  • Garpu roti : Rp. 15.000
  • Pisau roti : Rp. 8.000
  • Tempat garpu, pisau : Rp. 45.000
  • Sticker dan daftar harga roti : Rp. 30.000
B. Kebutuhan Bulanan 2 Gerobak / Biaya Variabel 1
  • cokelat ceres 12,5 kg : Rp.175.000
  • kacang 4 kg : Rp.56.000
  • susu 36 kaleng : Rp.216.000
  • pisang 1 tundun : Rp.40.000
  • plastic 3 pack : Rp.12.000
  • kertas roti 1 pack : Rp.15.000




Rencana sumber daya manusia.
Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) adalah proses serta upaya merekrut, mengembangkan, memotivasi serta mengevaluasi keseluruhan sumber daya manusia yang diperlukan perusahaan dalam pencapaian tujuannya.

Hal yang yang harus dilakukan dalam mengembangkan usaha kami untuk kedepannya adalah diantaranya dengan melakukan pengembangan terhadap Sumber daya Manusia yang memliki Potensi dan keahian produk Di bidang pengolahan makan. Dan Juga Melakukan hal-hal berikut ini:
a.    Perencanaan SDM
b.   Pengadaan SDM
c.    Pengembangan SDM
d.   Pemeliharaan SDM
e.    Penggunaan SDM

Tenaga Kerja
Dalam bisnis jualan roti ini kita tidak memerlukan sumber daya manusia yang ahli dan skill yang khusus seperti sarjana dll, akan tetapi yang diperlukan adalah orang yang mau bekerja secara tekun / telaten, sabar, kerja keras dan tidak gengsi karena ini merupakan pekerjaan remeh menurut pandangan masyarakat tertentu.

Lokasi Pemasaran

Lokasi yang Kami Pilih dalam melakukan Pemasaran yaitu kami memilih di Pasar, Karena di sana banyaknya pelanggan, di toko-toko. Ini kami lakukan di derah tanggetada.

Strategi Pemasaran

Harga yang kami tawarkan kepada pelanggan itu lebih murah, walaupun berbeda jenis harga tetap sama,.
Tempat pemsaran yang strategis mampu menarik konsumen yang sring lalulalang.
Dan juga kami ramah terhadap pelanggang kami dengan cara memberikan, pelayanan yang berkesan bagi mereka atau menjadikan mereka sebagi raja.

Penutupan
demikianlah Perencanaan Bisnis kami, semoga Allah Memudahkan segalah pekerjaan kami


Tidak ada komentar:

Posting Komentar